Suwah Sembiring: Kiat Sukses Menembus SBMPTN (Metode Belajar Efektif)

Roy adalah salah seorang yang telah berhasil melatih daya ingatnya sampai ke tingkat yang luar biasa. Sekali waktu dia dikenalkan kepada 70 orang pada suatu pertemuan, dalam waktu yang singkat. Semua, kecuali dua orang, adalah asing baginya. Ia baru pertama kali ini bertemu dengan mereka. Segera setelah itu, dia membuat daftar seluruh nama secara lengkap, dalam urutan yang sama dengan waktu mereka dikenalkan kepadanya. Anda tentu bisa seperti Roy, asal mau berlatih. Rahasia berlatih supaya hasil dapat diperoleh secara optimum adalah menghubung-hubungkan dan menguasai masalah yang ingin diingat atau dihafal itu.

2.3.1 Menghubung-hubungkan

Apabila suatu hari Anda lupa nama teman Anda, itu berarti Anda juga lupa pertamanya. Padahal dengan mengingat huruf pertamanya saja, Anda dapat nama teman Anda itu secara lengkap. Dalam hal ini Anda menghubungkan huruf pertama dengan nama teman Anda. Huruf pertama itu disebut huruf kuncinya. Kunci itu tidak harus satu huruf, dapat juga berupa kata, benda, peristiwa, dan sebagainya. Menghubungkan suatu masalah yang dihafal dengan kuncinya dapat dilakukan dengan beberapa cara, yaitu:

A. Menghubungkan dengan yang sudah diketahui
Kata diketahui dalam kalimat ΓÇ£menghubungkan dengan yang sudah diketahuiΓÇ¥, artinya sesuatu yang sudah dihafal dengan baik (telah mendarah daging) atau sesuatu yang menarik.
Contoh:
  1. Saya pernah berkenalan dengan seseorang yang bernama KONDANGAN. Suatu hari saya lupa nama tersebut. Pada waktu itu memang kata KONDANGAN merupakan suatu kata yang asing bagi saya. Tetapi setelah saya hubungkan kata KONDANGAN dengan UNDANGAN yang telah mendarah daging bagi saya, maka nama KONDANGAN tersebut menjadi mudah saya ingat.
  2. Misalkan Anda ingin menghafal tanda-tanda fungsifungsi trigonometri di berbagai kuadran, Kuadran I semuanya positif, kuadran II adalah sinus, kuadran III adalah tangen, dan kuadran IV adalah cosinus. Cara menghafalnya dapat dibuat kalimat yang menarik, yaitu ΓÇ£Saya sudah tahu caranyaΓÇ¥. Saya adalah kata pertama yang berarti kuadran pertama, huruf pertamanya S yang berarti semua. Begitu juga untuk kuadran-kuadran lainnya.

B. Menghubungkan dengan yang berpola atau berskema
Contoh:
  1. Misalkan kita ingin menghafal nilai-nilai fungsi sinus seperti yang ditunjukkan oleh tabel di bawah ini:
    Gambar Tabel trigonometri
    Dengan menuliskan nilai-nilai fungsi sinus secara berpola seperti yang terlihat pada tabel di atas ini, tentu akan lebih mudah menghafalnya.
    iat Sukses Menembus SBMPTN dari Bapak Suwah Sembiring Suwah Sembiring: Kiat Sukses Menembus SBMPTN (Metode Belajar Efektif)
  2. Nomor telepon saudara saya adalah 882426. Cara saya menghafal nomor telepon tersebut adalah 88 24 26. Angka 8 yang pertama diperoleh dari 2 × 4 dan angka delapan yang kedua dari 2 + 6.
  3. Saya pernah kesulitan menghafal keenam belas tenses dalam bahasa Inggris. Akan tetapi setelah saya tulis dalam bentuk skema, ternyata keenam belas tenses itu dapat saya hafal dengan mudah.
    iat Sukses Menembus SBMPTN dari Bapak Suwah Sembiring Suwah Sembiring: Kiat Sukses Menembus SBMPTN (Metode Belajar Efektif)
  4. Cara membaca skema di atas adalah sebagai berikut:
    • Ke bawah satu langkah, artinya kalimat sebelumnya di-continous-kan.
    • Ke bawah dua langkah, artinya kalimat sebelumnya di-pastense-kan.
    • Ke kanan, artinya kalimat sebelumnya di-perfectkan.
Jadi nama-nama jenis tenses di atas adalah:
  1. Present tense
  2. Present continous tense
  3. Past tense
  4. Past continous tense
  5. Present perfect tense
  6. Present perfect continous tense
  7. Past perfect tense
  8. Past perfect continous tense
  9. Dengan menggantikan kata Present menjadi kata Future, maka delapan kalimat berikutnya adalah:
  10. Future tense
  11. Future continous tense
  12. Past future tense
  13. Past future continous tense
  14. Future perfect tense
  15. Future perfect continous tense
  16. Past future perfect tense
  17. Past future perfect continous tense

2.3.2 Menguasai Materi

Menghafal dalam buku ini tidak diartikan secara sempit, yakni menghafal secara membabi buta, tetapi masalah yang akan dihafal juga harus dipahami. Memang adakalanya sesuatu itu dihafal dulu baru mudah dimengerti.

Memahami artinya dapat membedakan, memberikan contoh, dan menuliskan kembali. Dapat membedakan yang satu dengan yang lain akan membantu Anda untuk lebih mudah menghafalnya.
Misalnya, supaya lebih mudah bagi Anda menghafal kata bahasa Inggris aunt (bibi), maka sebaiknya Anda merasakan bedanya dengan kata yang lain yang tulisannya hampir sama, seperti ant (semut). Begitu juga antara flower dan flour, dan sebagainya.

Jika bahan yang telah dipahami/dimegerti diterapkan, maka Anda akan sampai ke tahap penguasaan. Menguasai suatu masalah, berarti Anda dapat melihat kata-kata penting (key words) di dalamnya, sehingga masalah tersebut dengan sendirinya terhafalkan. Misalkan Anda telah menguasai keenam belas tenses dalam bahasa Inggris dan ingin membuat contoh kalimat ΓÇ£Present continous tenseΓÇ¥, maka kata-kata pentingnya adalah:
$Continous\ =\ to\ be\ +\ ing$

Jadi contoh kalimat Present continous tense dapat dibuat sebagai: She is writing a book.

Misalnya lagi kita ingin membuat kalimat Past future perfect tense, maka kata-kata pentingnya adalah:
$Past\ Future\ =\ would$
$Perfect\ =\ have\ +\ V_{3}$

Jadi contoh kalimat ΓÇ£Past future perfect tenseΓÇ¥ dapat dibuat sebagai: She would have written a book.

Dengan menggunakan cara-cara di atas, maka informasi-informasi itu dapat diingat lebih lama. Supaya informasi tetap ada dalam ingatan, maka informasi tersebut harus dipakai atau diulangi mengingatnya.

Lanjutkan ke: Suwah Sembiring: Kiat Sukses Menembus SBMPTN (Mengenal Berbagai Jurusan di PTN)


Via : http://www.foldersoal.com

Belum ada Komentar untuk "Suwah Sembiring: Kiat Sukses Menembus SBMPTN (Metode Belajar Efektif)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel